X-Steel - Wait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA

Dec 8, 2012

13 Alasan Mengapa Orang mulai suka menggunakan linux

13 Alasan Mengapa Orang mulai suka menggunakan linux di banding OS lain


13 alasan mengapa orang mulai suka menggunakan linux.......

Linux dikenal sebagai sistem operasi berbasis Unix yang tentunya menganut paham Open Source yang berarti “BEBAS” (Freedom).
Pengertian bebas disini bukan berarti selalu gratis, tapi lebih kearah bebas mengoprek setiap bagian tubuh dan struktur kerja Linux.

Para pengguna Linux umumnya lebih senang dengan Linux karena alasan tersebut. Penulis ingin mencoba memberikan 13 alasan mengapa banyak orang mulai menggunakan Linux (13 alasan ini didasari oleh pengalaman penulis, dan kebenarannya terhadap realita IT)

13 Alasan Banyak Orang Mulai Menggunakan Linux

1. Open Source
Alasan paling mendasar adalah sifat Linux yang open source, semuanya serba terbuka. Source code dari kernel diserahkan kepada publik untuk sama-sama diperbaiki apabila ada celah kerusakan. Selain itu, kreatifitas pengguna sangat diperhatikan untuk terus memajukan Linux.

2. Murah Meriah
Linux menganut paham open source yang berarti “Free” seperti saya bilang diatas, Free bukan selalu berarti gratis, tetapi lebih menekankan kata bebas/merdeka dari belenggu kapitalis yang hanya mencari uang dari petak umpet :)

3. Bebas biaya PUNGLI
Linux bebas biaya PUNGLI=Pungutan License yang selalu membelenggu apabila menggunakan Mikocok, setiap penambahan service selalu dikenakan biaya. Kita tentunya tidak pernah merasakan biaya PUNGLI ini, karena kita selalu menggunakan Mikocok bajakan :)

4. Sistem Operasi Keamanan
Sebuah sistem operasi yang tidak perlu diragukan keamanannya, karena memang pondasi utama Linux dibangun atas dasar keamanan. Lain halnya dengan si “jendela” yang mengutamakan tampilan yang bagus di luar tapi sebenarnya sangat rapuh di dalamnya.

5. Aplikasi satu paket
Semua aplikasi pendukung (office, graphic, network, dll) udah ada dalam satu CD/DVD instalasi, jadi ga repot-repot install-install lagi setelah instalasi OS. Hal ini tentunya jadi menghemat waktu dan CD-CD master yang diperlukan untuk membuat backup master instalasi.

6. No Defragmentation
Linux ga perlu di defrag, sejak file system Ext2 (Second Extended File System) sudah menggunakan reduksi / pengurangan terhadap fragmentasi data. Masalah error / gagal dalam penulisan ke hard disk, tidak pernah terjadi di Linux (kecuali emang hard disknya yg ga beres :p). Sekarang Linux sudah menggunakan Ext3 dan ReiserFS yang mendukung penjurnalan terhadap data, sehingga ketika komputer mati mendadak, data tidak langsung rusak karena sudah dilakukan penjurnalan untuk backup.

7. Manajemen log terbaik
Linux mencatat setiap kegiatan service dan aplikasi yang ada didalamnya, hal ini memudahkan pengguna apabila ada service yang rusak atau error sehingga dapat langsung ditangani.

8. Bebas Virus
Linux pada dasarnya tak dapat terserang virus. Virus-virus DOS/Windows yang jumlahnya puluhan ribu, tak satu pun dapat merusak Linux, karena cara penanganan yang berbeda antara DOS/Windows dengan Linux terhadap suatu tugas/proses. Biarpun ada virus yang menyerang Linux, virus tersebut hanya dapat menangani ruang user, tidak dapat sampai ke ruang root :)

9. Antarmuka / Interface GUI yang apik
Linux pada jaman sekarang sudah sangat cantik dengan pendukung aplikasi desktop yang mengagumkan, sehingga jika di adu dengan Vista pun Linux masih bisa mengimbanginya, hahaha…Kalo Anda tidak percaya, silakan install SuSE Linux 10.0 dan pilihlah desktop dengan support XGL, Anda akan terkagum-kagum dengannya.

10. Komunitas yang sempurna
Linux dibangun diatas komunitas yang selalu mendukung segala keluhan dan masalah terhadap Linux. Celah keamanan dan cacat pada sistem akan langsung direspon sangat baik, saking baiknya mungkin hanya butuh waktu yang sebentar saja.

11. Expert Hardware probing
Linux pada era sekarang sudah mendukung kernel yang terbaik, jadi probing (deteksi) hardware pun menjadi semakin mudah dan tidak perlu pusing dengan masalah hardware.

12. Windows Emulator (Windows app on Linux)
Bagi yang tidak bisa sepenuhnya pindah ke Linux, ada program yang bernama WinE (Windows Emulator) sebuah program yang bisa menterjemahkan file-file DLL windows untuk digunakan di Linux. Beberapa program Windows yang disupport WinE ada di http://appdb.winehq.org/.

13. Linux support for all
Linux telah diuji untuk mensupport segala keperluan untuk kehidupan, seperti applikasi rumah sakit, applikasi militer, applikasi perkantoran, aplikasi perfilman (contoh : film The Cars yang menggunakan program pixie), aplikasi pendidikan (edubuntu, lormalinux, xandros,dll), aplikasi pemerintahan (e-gov), aplikasi multimedia, aplikasi internet dan jaringan, dll. Linux for life :)

Dan masih banyak lagi keunggulan Linux jika dibanding “Si Jendela”, memang sangat sulit untuk langsung pindah ke Linux, butuh waktu untuk pembelajaran ulang. Namun percayalah, tidak ada ruginya Anda menggunakan Linux, karena di masa yang akan datang, kekuatan Linux akan terus bertambah dan tentunya dapat menggeser “kekapitalisan jendela”.

0 komentar:

Post a Comment