X-Steel - Wait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA

Dec 9, 2012

playstation dan nintendo

playstation dan nintendo

Sony masuk di dalam industri game sebenarnya dimulai sejak lama, pada saat itu sony memproduksi chip suara yang digunakan oleh SNES dari Nintendo. Pada saat itu media untuk penyimpanan software game sebagian besar msih menggunakan catridge, seperti SEGA megadrive, SNES dan lain-lain. Lalu SEGA mulai mengembangkan media penyimpanan software game dalam format kepingan CD.

Nintendo sebagai saingan SEGA tidak mau ketinggalan untuk ikut mengembangkan hal yang sama, maka pada tahun 1988 dimintalah Sony untuk bekerjasama mengembangkan perangkat kerasnya. Maka dimulailah proyek pembuatan CD ROM add on untuk SNES yang akan diberi nama SNES CD. Berasamaan dengan desainnya add on untuk SNES itu sony juga berencana untuk membuat suatu perangkat hiburan yang bisa memainkan game SNES yang berupa catridge dan CD dengan format yang didesain oleh sony dan juga format itu akan dipakai Nintendo untuk software-software gamenya nanti yang berbentuk CD.
Pada tahun 1991 dalam acara Consumer Electronik Show CD ROM add on untuk SNES diumumkan ke publik. Tetapi ketika pihak Nintendo melihat lagi perjanjian yang mereka buat dengan sony pada tahun 1988 pihak Nintendo menyadari ada perjanjian yang dianggap merugikan pihak Nintendo yaitu setiap software game yang menggunakan format CD yang dibuat Sony maka pihak Sony akan mendapatkan bagian keuntungan sebesar 25% dari setiap software game. Pihak Nintendo akhirnya membatalkan secara sepihak perjanjian yang mereka buat dengan Sony dan memilih bekerjasama dengan Philips untuk membuat format baru yang tidak merugikan mereka.
Setelah gagalnya proyek Sony dengan Nintendo tersebut pertama kali Sony ingin menghentikan semua perencanaan dan pengerjaan dari add-on untuk SNES tersebut. Tetapi Ken Kutaragi sebagai kepala proyek berusaha meyakinkan pemimpin tertinggi Sony untuk tetap melanjutkan apa yang sudah dicapai dan akhirnya mendapatkan persetujuan. Maka dilanjutkanlah rencana untuk membuat suatu perangkat hiburan yang bisa memainkan catridge SNES dan CD dengan format buatan Sony yang dinamakan Playstation.
Melihat hal tersebut Nintendo menuntut Sony ke pengadilan karena merasa bahwa mereka memiliki hak atas nama tersebut dan karena dulu perangkat tersebut didesain berdasarkan perjanjian yang dibuat antara Nintendo dan Sony yang dibatalkan sepihak oleh Nintendo. Pengadilan menolak tuntutan Nintendo tersebut dan akhirnya pada oktober 1991 lahirlah playstation yang bisa memainkan game2 SNES dan CD ROM.
Pada akhir tauhun 1992 akhirnya Sony mencapai kesepakatan dengan Nintendo yang isinya adalah bahwa Sony boleh meneruskan perangkat hiburan yang bisa memainkan game SNES tetapi Nintendo mendapatkan bagian keuntungan dari setiap penjualan mesin yang dibuat dan setiap software yang bisa dimainkan di mesin tersebut dan nama playstation dirubah menjadi “Sony Playstation”. Tetapi Sony tidak banyak memproduksi mesin ini, rumor mengatakan Sony hanya membuat 200 buah saja.

Pada awal tahun 1993 Ken Kutaragi kembali mendesain ulang perangkat tersebut dan menggunakan teknologi yang baru. Port catridge untuk SNES dan fungsi multimedia dihilangkan. Mesin yang baru ini di fokuskan untuk software game. Sony menanamkan chip 3d pada mesin yang baru. Bersamaan dengan pendesaian ulang tersebut sony juga mulai mendekati developer software game untuk bekerjasama membuat game untuk mesin barunyatersebut termasuk di dalamnya Namco dan Konami.
Akhirnya pada tanggal 3 desember 1994 diluncurkanlah Playstation di Jepang seminggu setelah diluncurkannyaSega Saturn. Software game yang tersedia pada saat peluncuran adalah King’s Field, Crime crackers dan Ridge Racer.

Peluncuran mesin tersebut sukses besar ditandai dengan terjadinya antrian panjang pembeli yang ingin membeli mesin dari sony ini. Banyak pembeli yang menyukai desain controllernya yang nyaman di tangan dan memudahkan mereka dalam memasukkan kombinasi2 tombol yang digunakan dalam game yang mereka mainkan. Tercatat kurang lebih 300.000 unit yang terjual dalam bulan pertama.
Pada pertengahan tahun 1995 sony mulai bersiap untuk meluncurkan playstation di Amerika, maka berdirilah Sony Computer Entertaintment of America yang bermarkas di Foster City-Los Angeles. Mereka mempersiapkan diluncurkannya Playstation di Amerika dengan merangkul developer2 game Amerika. Pada tanggal 11-13 May 1995 ditampilkanlah Playstation di Amerikapada Ajang The Electronic Entertainment Expo (E3) di Los Angeles dan mendapatkan sambutan yang sangat meriah.
Dan Akhirnya pada 9 september 1995 Playstation resmi diluncurkan di america dengan harga $299 dan seperti yang terjadi di jepang penjualan di Amerika tergolong sangat sukses. Lebih dari 100.000 unit sudah sebelum peluncuran. 17 software game tersedia pada peluncuran. Diberitakan banyak toko yang kehabisan stok unit dan peripheral bahkan controller dan memorycard bekas pun laris terjual. Setelah peluncuran di amerika, pada tanggal 29 september 1995 playstation diluncurkan di Eropa kemudian disusul di Ocenia pada bulan November 1995. Pada bulan may 1996 Sony memotong harga playstation menjadi $199 yang semakin membuat penjualan playstation meningkat.

0 komentar:

Post a Comment