X-Steel - Wait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA

Dec 10, 2012

Sejarah Radio



          Radio, kata ini sangatlah tak asing ditelinga kita. Setiap orang pasti tahu radio dan pernah menggunakannya. Radio adalah salah satu alat telekomunikasi didunia yang digunakan untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat. Alat komunikasi ini memberikan informasinya dengan mengeluarkan suara tetapi tak bisa dilihat karna tak bergambar. Apa sih pengertian dari radio itu? radio adalah alat teknologi yang berfungsi mengirimkan sinyal secara modulasi dan radiasi elektromagnetik. Gelombang-gelombang ini melintas diudara dan dapat juga merambat diruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini dapat bergerak tanpa memerlukan medium pengangkut.

Sejarah perkembangan radio
Awalnya radio digunakan oleh para maritim yang menggunakan radio untuk mengirimkan pesan telegraf yang menggunakan kode morse dari kapal ke darat. Salah satu penggunaan radio yang dikenang adalah ketika tenggelamnya RSM Titanic pada tahun 1912. Saat itu radio digunakan untuk menyalurkan perintah dan sebagai alat komunikasi antara angkatan darat dan angkatan laut dikedua  pihak saat perang dunia II. Dijaman sekarang, radio sudah terdapat banyak jenis dari yang menggunakan kabel sampai tidak yang menggunakan kabel tetapi dengan batu batrei. Sebelum televise terkenal, radio adalah siarannradio komersial yang termasuk drma, komedi, beragam show, dan hiburan lainnya. Radio tidaklah hanya menyiarkan sebuah berita dan music saja tetapi bisa sebagai media untuk menghibur yang menyajikan berbagai hiburan. Tetapi penggunaan radio dijaman sekarang semakin sedikit, masyarakat sudah banyak yang berlari dari radio ke televise. Hal itu adalah hal yang biasa dan maksud akal, Karena televise lebih memberikan fasilitas yang lebih dibandingkan radio.
Dasar teori perambatan gelombang elektromagnetik ditemukan pada tahun 1973 dan dijelaskan oleh James Clek Maxwell didalam papernya diroyal society. Dari penjelasan itulah kemudian para ahli membuktikannya sehingga terjadinya sebuah radio yang cara kerjanya menggunakan gelombang elektromagetik yang merambat diudara dan ruang angkasa.

Penyiaran radio
Siaran radio pertama kali dilakukan oleh David Sarnoff yang mendirikan suatu perusahaan pembuat pesawat radio sistem AM yang bernama RCA. Sedangkan sistem  penyiaran radio PM di mulai ketika pertengahan tahun 1933 oleh seorang yang bernama Edwin Horward Armstrong dari sebuah university Colombia. FM sebenarnya lebih menguntungkan dibandingkan AM. Apa saja sih hal yang lebih menguntungkan d”FM dibandingkan d”AM? FM dapat menghilangkan interference yang disebabkan oleh faktor cuaca, bintik-bintik matahari, atau alat listrik. Selain itu PM juga menyiarkan kualitas suara yang jernih bagi pendengar yang memiliki telinga sangat sensitive. PM juga menghasilkan audio yang lebih jernih dan dinamis, juga memiliki noise yang rendah.
Didalam melakukan penyiaran radio juga terdapat beberapa  syarat yang harus dipenuhi agar dapat terlaksananya suatu penyiaraan tersebut, syarta - syaratnya adalah :
·         Harus tersedianya spectrum frekuensi radio ( kumpulan pita frekuensi radio yang terbentuk dari gelombang elektromagnetik serta memiliki lebar tertentu )
·         Harus terdapat sarana pemancarnya
·         Harus adanya perangkat receiver
·         Harus adanya suatu program yang akan disiarkan
·         Harus dapat diterima secara bersamaan oleh semua masyarakat
Jika kelima syarat itu sudah terpenihi makan siaran radio dapat dilakukan. Penyiaran radio juga terdapat didalam undang – undang pasal 1 no. 32 tahun 2002.


Radio digital
          Apa sih radio digital itu? radio digital adalah teknologi sebuah radio yang mengirimkan informasi dengan menggunakan sinyal digital. Radio digital merupakan penerus generasi dari radio analog. Radio digital ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan radio analog, salah satunya adalah radio digital menghasilkan suara yang lebih jernih dibandingkan radio analog dan mutu sinyalnyapun lebih bagus dibandingkan dengan radio analog. Radio digital ini menggunakan suatu teknologi siaran yang sering disebut dengan DAB atau digital audio broadcasting.

Apa saja keuntungan radio ..??
Radio adalah salah satu alat telekomunikasi yang digunakan masyarakat untuk mendapatkan informasi, selain itu radio juga dapat untuk memberikan informasi dan dapat digunakan sebagai hiburan. Alat komunikasi satu ini dapat menjangkau hampir semua masyarakat dimana saja dan kapan saja juga kepada siapa saja bahkan kepada orang yang buta huruf. Keunggulan radio dibandingkan televise adalah pengguna tidak harus tetap berada selalu didepan pesawat radio, berbeda dengan televise yang mengharuskan kita untuk berada didepan layar ketika kita sedang menyaksikan sesuatu atau mendengar suatu berita atau informasi. Radio merupakan alat elektronik termurah baik pemancar maupun penerimanya. Oleh karena itu pesawat radio dapat lebih banyak dilakukan dibandingkan dengan alat elektronik lainnya seperti televise.

          Semakin berkembangnya jaman maka semakin juga berkembangnya teknologi didunia. Dengan begitu maka semakin banyaklah muncul alat elktronik baru dimedia seperti televise. Dengan munculnya televise maka akan sangat berpengaruh pada perkembangan radio. Secara tidak langsung masyarakt pasti akan berpindah haluan dari radio ketelevisi, karena televise menyediakan fasilitas yang lebih menarik dibandingkan dengan radio. Televise mampu menarik masyarakat untuk menggunakannya dengan memberikan keunggulan dengan dapat melihat gambarnya supaya masyarakt dapat mendapatkan informasi yang lebih jelas, berbeda dengan radio yang hanya dapat didengar saja tetapi tidak bisa melihat gambar kejadian tersebut. Tetapi walau banyak muncul berbagai media elektronik yang baru, radio juga masih sering digunakan oleh masyarakat karena penggunaan radio lebih efisien dibandingkan dengan televise. Radio dapat digunakan tanpa arus listrik, radio dapat digunakan dengan menggunakan batu batre. Dapat dilihat dari bentuknya juga radio lebieh praktis dibawa kemana mana dibandingkan dengan televise yang memiliki bentuk lebih besar dan berat. Radio sekarang ini lebih banyak digunakan ketika didalam perjalanan untuk mendapatkan informasi tentang kondisi jalan atau lainnya. Di masyarakat perdesaan juga radio masih sering digunakan oleh masyarakat desa. Jadi walau semakin banyak muncul media elektronik baru yang lebih menarik dan bagus radio juga tetap masih digunakan oleh masyrakat walaupun penggunanya semakin sedikit dibandingkan jaman dahulu.

0 komentar:

Post a Comment