X-Steel - Wait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA

Dec 8, 2012

Stavolt / Stabilizer

Stavolt / Stabilizer


Stavolt atau stabilizer, fungsinya untuk menstabilkan tegangan listrik jaringan apakah 1 phase 220 Volt, atau 3 phase 380 Volt. Stavolt dikenal ada dua jenis yaitu stavolt statis dan stavolt dinamis.
Stavolt statis memakai transformator yang memiliki beberapa tap output, tap - tap ini dihubungkan ke beberapa relay, yang mana relay tersebut diatur oleh rangkaian controller yang akan merespon perubahan tegangan sumber (PLN), jika tegangan PLN turun atau naik dan mencapai titik setting-nya maka rangkaian controller akan bekerja mengaktifkan relay dan diumpankan ke tap ditransformator tersebut sehingga tegangan output stavolt akan berubah, jika tegangan input turun maka output nya naik dan sebaliknya sehingga diharapkan tegangan tetap stabil pada 220 volt. Tetapi bila memakai sistem statis ini maka tegangan output stavolt masih ada sedikit selisih dengan target 220 Volt, dan  biasanya terdengar suara klik .. klik.... klik .... saat relay aktif karena respon tegangan input PLN berubah.

Stavolt dinamis biasanya memakai kumparan yang di kontrol oleh rangkaian controller yang dilengkapi sebuah motor untuk memutar tuas di tengah kumparan, biasanya sering disebut servo motor, jadi jika tegangan input (PLN) turun beberapa volt saja maka akan direspon oleh rangkaian controller dan motor akan memutar tuas kumparan untuk mencari kestabilan tegangan output 220 Volt. Jadi sebelum tegangan output stavolt servo belum tepat 220 Volt maka motor akan terus berputar maju mundur mencari titik di kumparan sehingga outputnya tepat 220 Volt. Proses penyesuaian tegangan output ini biasanya akan menimbulkan bunyi seeerrr......seeerrrr....seeerrr.
Dari dua jenis stavolt tersebut lebih baik memakai stavolt servo motor, karena tegangan output yang dihasilkan lebih stabil, walaupun selisih harga lumayan banyak, untuk stavolt biasa (sistem relay) biasanya dijual kisaran Rp. 75.000,-  sedangkan stavolt servo motor dijual kisaran Rp. 225.000, - untuk yang kapasitasnya 600VA.

Beli Stavolt bonus semen

Beberapa waktu lalu toko saya di tawari sebuah produk stavolt dengan harga jual ke user sekitar  Rp. 55.000,- cukup menarik, akhirnya saya ambil 5 biji untuk mencoba dipasarkan. Setelah stavolt tersebut , sebut saja merk xyz habis terjual, selang 1 bulan kemudian ada seorang user komplain, karena stavolt mati total. Saya kemudian cek fisik dan ada sedikit kecurigaan karena sekrup-sekrup nya kok memakai klem yang tidak bisa dibuka kecuali dirusak, selain itu bodi stavolt tertutup rapat dan tidak ada celah sedikitpun, berbeda dengan stavolt  yang biasanya saya jual, sekrup bisa dibuka dan casing banyak celah vendtilasi, sehingga jika di intip kelihatan ada rangkaian elektroniknya. Akhirnya saya buka paksa pake obeng dan palu, alangkah terkejutnya saya ternyata isi dari stavolt tersebut hanya beberapa utas kabel dari input menuju ke sebuah botol bekas air minum mineral yang di isi semen. Setelah saya pecah semen di dalam botol tadi ternyata kabel hanya lewat saya alias tidak ada rangkaian sama sekali, betul-betul penipuan yang nyata.
Dari pengalaman saya diatas sedikit saran untuk membeli stavolt yaitu : jangan mudah terkecoh harga miring, cek dulu secara cermat, kalau bisa intip lewat celah ventilasi apakah isinya ada yang janggal,  perhatikan sekrup bodi stavolt harusnya bisa dibuka pakai obeng alias tidak di klem permanen, cari stavolt dengan merk yang sudah terpercaya dan kalau bisa dicoba ditempat.
Patut dicurigai jika stavolt memiliki bodi yang super rapat tidak terdapat celah sedikitpun, pada sisinya di klem permanen sehingga tidak bisa dibuka (kecuali dirusak), dan jika dinyalakan tidak ada respon dari rangkaian didalam.

0 komentar:

Post a Comment