X-Steel - Wait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA

Jan 1, 2013

Perbedaan LCD - LED & Plasma TV


Teknologi Tabung Brown (CRT Display) ditemukan pada tahun 1897, akan tetapi teknologi ini baru diadopsi sebagai penerima siaran televisi pada tahun 1926. Sejarah penemuan teknologi CRT sudah lebih dari 100 tahun dan memiliki kualitas gambar yang sangat bagus. Akan tetapi teknologi ini mempunyai satu kelemahan yaitu semakin besar display yang akan dibuat maka semakin besar pula tabung yang digunakan.Kini ada jenis TV yang tipis dan hemat energi, LCD - LED dan Plasma TV.

LCD-TV = Lebih cocok untuk gaming / browsing / PC (colour dan contrast bisa dibilang cerah).
Jika ditempatkan di ruangan yang sangat terang, gambar dan warna lebih cerah daripada Plasma-TV. Namun, untuk adegan gerak cepat / siaran olahraga, rentan ghosting / blur. LCD-TV menggunakan Backlight untuk pencahayaannya, & menggunakan Cairan Kristal, untuk reproduksi warnanya.

LED-TV = Prinsip kerjanya mirip dengan LCD-TV, bedanya hanya di backlight yang digunakan. LCD-TV menggunakan Lampu Neon (CCFL) & LED-TV menggunakan Lampu LED sebagai backlight.

Plasma TV = Lebih cocok buat nonton Film.
Jika ditempatkan di ruangan yang sangat terang (spt di showroom), gambarnya akan terlihat lbh redup dari LCD. Namun, jika ditempatkan di ruangan agak redup, Hitamnya lbh pekat dari LCD. Selain itu, Plasma-TV minim blur / ghosting, gak ada Backlight-bleeding / Clouding. Sudut pandang Plasma-TV juga sangat lebar.

Perlu diketahui,
Daya LCD-TV (pada umumnya) akan tetap selalu konstan kurang-lebih, sesuai seperti yang tertera di spesifikasi, mau scene gelap atau terang sama aja, karena, Backlight yang ada di balik layar LCD selalu ON terus.

Namun, ada beberapa produsen LCD-TV yang menggunakan teknologi untuk mengurangi intensitas cahaya Backlight, agar daya lebih efisien. Konsumsi listrik plasma yang tertera di spesifikasi adalah, konsumsi listrik saat menampilkan gambar putih statis (diam), dgn brightness dan contrast normal.

Sebenarnya, konsumsi listrik pada Plasma-TV, berubah-ubah mengikuti pencahayaan scene. Jadi, Klo scene gelap - sedang, daya pada Plasma-TV tidak terlalu berbeda dengan daya pada LCD-TV. Dan kalau banyak scene gambar gelap, konsumsi daya bisa dibilang sangat efisien.

0 komentar:

Post a Comment