X-Steel - Wait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA

Jun 22, 2013

Perbandingan WhatsApp, Line, WeChat, dan KakaoTalk

siapa yang gak tau aplikasi-aplikasi ini, ya ini adalah aplikasi chatting lintas platform yaitu whatsapp, LINE, kakao talk dan we chat. nah berikut adalah perbandingan antara aplikasi chatting platform ini :
1. WhatsApp
WhatsApp adalah salah satu pelopor aplikasi instant messaging dan yang membuat instant messaging semakin diminati banyak pengguna smarpthone. Aplikasi yang dulu disebut pembunuh aplikasi BlackBerry Messenger ini dibangun oleh mantan punggawa Yahoo, Jan Koum dan Brian Acton. Kelebihan aplikasi ini pertama, tentu saja terletak pada kemampuannya berkirim pesan lintas sistem operasi, dari Android ke BlackBerry, dari BlackBerry ke iOS, dari iOS ke Windows Phone, Windows Phone ke Nokia, dan seterusnya. Hadirnya emoticon yang lucu dan fitur berkirim gambar, video, dan file lainnya juga membuat aplikasi ini sangat menarik.Sayangnya aplikasi ini bisa dibilang kuno dalam tampilan dan fitur dibandingkan dengan aplikasi yang lebih baru. Secara tampilan, WhatsApp sangat sederhana, panel-panel tidak terlihat menarik. Fitur yang diusungnya pun belum banyak perkembangan, masih standar saja, seperti belum adanya fasilitas Voice Over Internet Protocol (VOIP) yang kini telah diusung aplikasi-aplikasi serupa.
2. Line
Aplikasi ini ini adalah salah satu aplikasi penyusul tren instant messaging. Line hadir dengan tampilan segar dan fitur-fitur terkini. Aplikasi besutan perusahaan jepang, Naver ini memiliki emoticon dan stiker yang lebih menggemaskan dibandingkan dengan WhatsApp.Dari segi fitur, Line sudah cukup lengkap dengan adanya fasilitas kirim pesan teks, gambar, suara, video, dan bahkan fitur telepon gratis sesama pengguna Line. Seperti Facebook, Line juga memiliki timeline sebagai wadah update kita, yang juga bisa diberi komentar, dan sebagainya. salah satu fitur lain yang paling menarik dari aplikasi ini adalah game online-nya yang bisa kita mainkan bersama teman-teman Line kita. Namun aplikasi ini juga tidak lepas dari kekurangan, sebut saja sistem add friend atau menambah teman Line yang sangat mudah tanpa konfirmasi terlebih dahulu cukup dengan memasukkan nomor telepon saja. Walau bisa dipandang sebagai kelebihan, namun tidak jarang hal ini dapat mengganggu.

3. WeChat
Aplikasi ini juga salah satu pengekor tren aplikasi berkirim pesan singkat. Aplikasi besutan sebuah perusahaan asal China ini memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan Line, hanya saja WeChat tidak memiliki emoticon dan stiker selengkap Line atau KakaoTalk. WeChat termasuk mudah diinstal dan digunakan, dengan tampilan yang baru, fitur lengkap, dan seru aplikasi ini langsung menjaring minat banyak pengguna smartphone dari berbagai platform. WeChat memiliki fitur seru dalam menambah teman, yakni shake, look around, dan lainnya.
4. KakaoTalk
Aplikasi ini memang yang sedang naik daun di Tanah Air menyusul iklan aplikasi ini yang dibintangi Artis kenamaan Indonesia dan Korea. Fitur aplikasi ini terbilang cukup lengkap mulai dari fasilitas berkirim pesan singkat teks, suara, gambar, dan sebagainya. Bahkan sesuai dengan iklannya, KakaoTalk memungkinkan penggunanya untuk telepon gratis tak berbatas dengan layanan data yang memadai.Selain itu pengguna KakaoTalk bisa group chat dengan peserta sebanyak-banyaknya dan berbagi emoticon, serta stiker antar sesama penggunanya. Namun beberapa ulasan mengungkapkan bahwa dalam berkirim pesan KakaoTalk, pengguna kadang mengalami kelambatan.


jadi mana aplikasi chatting platform favoritmu?

0 komentar:

Post a Comment