X-Steel - Wait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA

Jun 22, 2013

Twitter Ternyata Bisa Dijadikan Pendeteksi Flu


Kita tentu pernah mengalami flu dan dirasakan sangat mengganggu. Influenza, yang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza), yang menyerangunggas dan mamalia. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum


Peneliti dan ilmuwan komputer dari Universitas Johns Hopkins baru -baru ini menemukan cara untuk mendeteksi kasus influenza di Amerika Serikat dengan memanfaatkan Twitter. Twitter banyak berisikan "tweet" atau kicauan pengunanya tentang flu yang telah menjangkiti dan menjadi epidemi di AS. Situs jejaring sosial tersebut tidak bisa dipisahkan dari penyakit flu dalam dunia nyata.


Menurut Mark Dredze, profesor asisten riset di departemen sains komputer Johns Hopkins. Timnya ingin memisahkan sensasi flu dari pesan masuk orang yang terserang flu. Tim Dredze tersebut mengamati tren kesehatan publik yang dikaitkan dengan Twitter.

Dalam pengamatan, Dredze dan timnya mengembangkan metode pengamatan berbasis teknologi pemproses bahasa manusia yang hanya mengirimkan informasi terpadu mengenai kasus flu dan menyaring obrolan dalam kicauan Twitter di AS.

Peneliti dari Universitas Baltimore menguji sistem dengan membandingkan hasil penelitian Dredze dengan data di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

"Pada akhir Desember, media mengangkat tentang epidemi flu yang dikaitkan dengan sistem Twitter kami meski memiliki kekurangan keakuratan data. Akan tetapi kami melakukan perbaikan dengan membuat algoritma baru yang lebih baik," kata Dredze.

Para peneliti yang didanai oleh Institut Nasional Model Kesehatan Studi Agen Penyakit menular itu juga memetakan dampak flu di masing-masing negara bagian AS.

Dredze berharap sistem tersebut dapat mendeteksi penyakit lainnya, demikian Reuters melaporkan.

0 komentar:

Post a Comment