1.
Compaq pernah mempertimbangkan untuk mengubah perintah “Press ANY Key”
menjadi “Press ENTER Key” dikarenakan banyaknya telefon yang menanyakan
letak tombol “ANY” di keyboard.
2. AST Technical Support menerima
laporan konsumen karena kesulitan menggunakan mouse. Saat Techinal
Support berkunjung, mereka menemukan mouse tersebut tidak bisa
digunakan… karena masih terbungkus rapi di dalam plastiknya. Penggunanya
(seorang wanita) takut dengan mouse (tikus) sehingga tidak berani
mengeluarkannya dari dalam plastik. Takut diserang mouse komputer?
3.
Di tahun 1980-an, ketika disket masih berukuran besar, Teknisi Compaq
pernah menerima keluhan seorang konsumen yang disketnya tidak terbaca
oleh drive-disk komputer. Setelah diselidiki, ternyata konsumen itu
sebelumnya memasukkan disket ke dalam mesin tik dan mengetikkan label
yang tertempel di disket itu.
4. Sebuah keluhan lain dari
konsumen AST yang mengatakan disket mereka terkena virus yang sulit
dibersihkan. Petugas AST meminta orang itu mengirimkan kopi disket yang
terinfeksi itu untuk dipelajari. Beberapa hari kemudian, petugas AST
menerima foto kopi disket dari konsumen tersebut.
5. Seorang
konsumen DELL mengeluhkan kalau dia tidak dapat mengirimkan fax via
komputer. Setelah diarahkan selama 40 menit lewat telepon, petugas DELL
menemukan kalau konsumen itu mencoba mengefax via komputer dengan cara
memegang kertas yang akan di fax di depan monitor, sambil menekan tombol
“SEND” di layar.
6. Seorang konsumen DELL lain mengeluh karena
keyboard yang digunakannya sudah tidak bisa berfungsi sejak dibersihkan.
Ketika ditanya caranya membersihkan keyboard, dia menjelaskan, “Saya
mencuci dan menggosok semua bagian keyboard dengan sabun, dan
membilasnya dengan air, lalu menjemurnya."
7. Seorang konsumen
DELL marah besar karena tidak bisa menyalakan komputer yang baru
dibelinya. “Semua sudah terpasang dengan baik. Tapi setiap kali saya
tekan pedal kaki, tidak terjadi apa-apa.” Setelah diselidiki ternyata
“pedal kaki” yang dimaksud orang itu adalah : mouse.
8. Seorang
lagi konsumen DELL marah besar karena komputer barunya tidak nyala. Dia
menjelaskan semua sudah terpasang dengan benar, dan ketika dia menunggu
selama 20 menit, tidak terjadi apa-apa pada komputernya. Ketika teknisi
DELL menanyakan apakah “power switch” sudah dinyalakan, dia balik
bertanya, “Power switch apa?”
9. Berikut adalah tanya-jawab antara petugas Novell NetWire dengan seorang konsumen :
Penelepon (X) : Hallo, dengan Tech Support?
Novell (Y) : Ya, bisa dibantu?
(X) : Tatakan cangkir di PC saya patah. Apa mungkin saya bisa menggantinya?
(Y) : Tatakan cangkir? Apakah itu hadiah saat Anda membeli komputer?
(X)
: Tidak. Tatakan cangkir ini sudah ada di komputer saya. Dan ketika
saya meletakkan gelas saya di atasnya, tatakan itu patah. Yang saya
ketahui, di bagian depan tatakan itu ada tulisan “CD-ROM, 16X”.
(Saat itu juga, petugas Novell langsung mematikan telepon dan tertawa terbahak-bahak)...
0 komentar:
Post a Comment